kopi-luwak-rollaasKopi menempati peringkat dua dunia dalam hal konsumsi, satu tingkat di bawah air putih. Sekitar dua juta orang meminumnya setiap hari. Hal ini membuat kopi menjadi komoditas utama terbesar ketiga setelah minyak bumi dan gas. Atas kepopuleranya, tak mengherankan jika terdapat puluhan bahkan ratusan jenis varietas baru yang ditemukan secara sengaja ataupun tidak sengaja bermunculan. Mulai dari yang dikenal dengan kopi Arabica, Yamen mocha, Java, Oxaca, dan lain-lain.

Semua jenis varietas unggulan ini berlomba-lomba memasok kopi memenuhi tingginya tingkat permintaan dari berbagai negara di dunia. Salahsatunya adalah Kopi Luwak yang menjadi incaran pasar Internasional. Kopi Luwak merupakan istilah generik jenis kopi seduh dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan satwa sejenis musang, yang oleh masyarakat di Jawa biasa disebut sebagai Luwak (Paradoxurus hermaphrodirus). Kemasyhuran kopi itu diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi di buka besar-besaran di Indonesia pada masa pemerintahan Hindia Belanda, sampai dekade 1950-an.

roasted-kopi-luwak-arabica-box-kayu-150gr_355322157-1

Roasted Rollaas Kopi Luwak Arabika Limited

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda perkebunan dibuka secara besar-besaran terutama di daerah-daerah pedalaman, baik di Jawa maupun Sumatra, atau di daerah lain di Nusantara. Salah satu komoditas yang saat itu diproduksi secara massal adalah kopi. Namun demikian sebagai petani, rakyat pribumi justru tidak pernah merasakan hasil panen dari perkebunan kopi ini karena seluruh hasil panen harus disetor ke pemerintahan pada waktu itu. Akhirnya para petani atau tukang kebun pada waktu itu hanya berani mengambil biji-biji yang berasal dari kotoran luwak yang tercecer dipermukaan tanah. Dari sinilah istilah Kopi Luwak mulai dikenal.

kopi_luwak_400

Roasted Rollaas Kopi Luwak Arabika

Luwak senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik, termasuk buah kopi, sebagai makanannya. Bukan sembarang kopi, tapi buah kopi terbaik dan paling masak yang dipilihnya. Biji dari buah kopi terbaik itu difermentasi di dalam perut luwak, dan akan dibuang bersama kotoran binatang itu. Menurut keyakinan, rasa Kopi Luwak memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi. Pada Proses pencernaan kopi dalam perutnya, luwak berusaha untuk membuang semua zat yang bersifat aditif dan kimia. Perut luwak menghasilkan suhu sangat pas untuk mengurangi kadar kafein dalam kopi. Jadi dapat dipastikan bahwa kopi luwak bebas dari pestisida.

luwak_arabica_80_gram_3-21-1024x768

Roasted Powder Rollaas Kopi Luwak Arabika

Pada penelitian Universitas Indonesia terbukti bahwa kadar cafein yang terkandung dalam Kopi Luwak asli hanya berkisar antara 0,5 % sampai dengan 1 %. Hasil tersebut adalah persentasi terkecil dibandingkan dengan penelitian pada jenis kopi lain. Kadar kafein yang rendah ini yang membuat Kopi Luwak asli aman dikonsumsi untuk penderita jantung dan maag karena bebas dari pestisida, pupuk kimia, hormon pertumbuhan dan benih transgenik. Kopi Luwak palsu akan terasa efeknya pada penderita maag. Maka dari itu kopi Luwak merupakan salah satu produk yang sangat aman bagi kesehatan. Seperti yang telah diketahui bahwa efek dari pestisida, pupuk kimia, dan bahan kimia lainnya tersebut dapat mencemarkan lingkungan, merusak ekosistem, dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain ramah lingkungan, biaya produksi Kopi Luwak dapat ditekan seminimal mungkin karena prosesnya dilakukan secara alami.

kopi_luwak60

Rollaas Kopi Luwak Arabika Sachet

Harga Kopi Luwak di pasar domestik maupun Internasional cukup fantastik, sebab sebagian besar penggemar produk tersebut merupakan golongan kelas menengah keatas. Mereka lebih mementingkan kesehatan dibandingkan harga produk yang murah. Kemampuan luwak memfermentasi biji kopi dalam pencernaannya ini membuat harga Kopi Luwak menjadi termahal di dunia. Tidak ada alat lain apapun yang mampu menghasilkan fermentasi sempurna seperti yang dihasilkan secara alami oleh luwak. Kopi Luwak atau yang disebut Civet Coffea diakui sebagai kopi kampiun. Di Amerika Serikat misalnya, untuk mencicipi Kopi Luwak asli kita harus mengeluarkan uang US$ 50 hingga US$ 70 untuk secangkir.  Di Singapura harga secangir Kopi Luwak adalah Rp.480.000 secangkir. Sedangkan di Jakarta harga satu cangkir Kopi Luwak antara Rp.80.000 hingga Rp.120.000,-

kopi_luwak50

Rollaas Kopi Luwak Robusta

Rolas Nusantara Mandiri sebagai anak perusahaan Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara, PTPN XII (Persero) memproduksi Kopi Luwak Original dalam beberapa kemasan :

  1. Roasted Rollaas Kopi Luwak Arabika Limited. Kemasan kayu (premium) 150g ~ Rp.800.000,-
  2. Roasted Rollaas Kopi Luwak Arabika. Kemasan box daun 150g ~ Rp.400.000,-
  3. Roasted Powder Rollaas Kopi Luwak Arabika. Kemasan box daun 80g ~ Rp.250.000,-
  4. Rollaas Kopi Luwak Arabika Sachet. Kemasan box daun 12g ~ Rp.60.000,-
  5. Rollaas Kopi Luwak Robusta. Kemasan box daun 12g ~ Rp.50.000,-

Share Rolaspedia ke FB..